7 Manfaat dan Rahasia Istighfar





      Kita sebagai umat Islam tentunya tahu, pernah mendengar dan pernah menyebutkan lafadz "istighfar" bukan?? Nah, ternyata tidak sekedar membaca dan mengamalkan saja bacaan istighfar ini.  Kenapa? karena lafadz "istighfar" memiliki 7 manfaat yang dirahasiakan, mau tau? Yuk simak bacaan dibawan ini.


1. Mendatangkan Ampunan Allah SWT.

     Pada surah QS. Nuh:10 terlah dijelaskan "Maka aku telah berkata (kepada mereka) Mohon-lah ampun kepada RABB-mu sesungguhnya DIA adalah Maha Pengampun"

2. Mengatasi Kesulitan dan Terbukanya Pintu Rizki

    Menurut Abu Daud ra. Beliau menjelaskan dalam Riwayat Hadistnya yang berbunyi "Barangsiapa beristighfar secara rutin, pasti Allah SWT. akan memberinya jalan keluar dalam kesempitan dan memberi Rizki yang tiada terhingga padanya."


3. Menambah Kekuatan

    Dalam QS. Hud: 52 berbunyi "Dan Hudd berkata: Hai kaum-ku, mohon-lah Ampunan kepada RABB-mu lalu bertaubatlah kepada-Nya. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang sangat deras dan Dia akan menambahkan kekuatan diatas kekuatanmu."

4. Memperoleh Banyak Kenikmatan

   QS. Hud: 3 memliki arti "Dan hendak-lah kamu memohon Ampun kepada RABB-mu dan bertaubatlah kepada-Nya, NiscayaDia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu  yang telah ditentukan."


5. Turunnya Rahmat

   Dalam Surah An-Naml: 46 menjelaskan "Hendaklah kamu memohon ampun kepada Allah, agar kamu mendapatkan Rahmat-Nya."

6. Sebagai Kafaratul Majlis

  Barangsiapa yang duduk dalam suatu majlis lalu didalamnya banyak perkataan sia-sia atau perdebatan, kemudian sebelum ia bangkit dari majlis membaca istighfar:


 Yang memilki arti: "Maha Suci Engkau Ya Allah, dan aku memuji-Mu dan aku bersakti bahwa tiada Allah melainkan Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu."
Maka ia akan diampuni kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya selama di majlis itu. (HR. Ath-Tirmdzi, Nasa'i, Ibnu Hibban, Abu Daud dan Al-Hakim)

7. Terhindar Dari Adzab Allah

QS. Al-Anfal: 33 dijelaskan bahwa "Dan tidaklah Allah akan mengadzab mereka, sedangkan mereka masih memohon ampun (istighfar) "


   Ya, itu tadi adalah manfaat yang terrahasiakan dari lafadz istighfar, mari kita perbanyak istighfar demi kebaikan kita di dunia maupun di akhirat nanti.



sumber: Matrikulasi Ust. Rofi'uddin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat dan Rahasia Istighfar"

Posting Komentar