4 Manfaat Pemanasan


  Hallo haloo.. mimin mau tanya nih, kalian pasti pernah melakukan pemanasan kan? Ternyata, pemanasan yang biasakalian lakukan itu ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan loh..
Mau tau apa saja? Yuk simak ^^


1. Terhindar dari Cidera
 
    Kok bisa? pemanasan sangat perlu loh, sebelum melakukan olahraga, ya bisa merenggangkan atau melemaskan otot-otot yang ada ditubuh kita. Terutama untuk olahraga yang menguras banyak tenaga dan keringat. Misalnya basket, baseball, berenang, bersepeda. Otot-otot tersebut menjadi lebih fleksibel untuk digerakkan, terhindar dari resiko terkilir atau cidera saat berolahraga.

2. Memperlancar Aliran Darah

   Bangun tidur atau hanya duduk tanpa melakukan aktivitas di rumah maupun di sekolah membuat tubuh jadi kaku dan tegang. Aliran darah pun jadi nggak lancar. Dengan melakukan pemanasan ringan seperti berjalan dengan kecepatan sedang, stretching, atau berlari di tempat bisa cukup membuat aliran darah ke jantung kita jadi lebih lancar. Cukup 5-10 menit saja kok, dan kita siap berolahraga, deh!

3.  Meningkatkan Adrenalin

   Saat melakukan aktivitas fisik tubuh kita akan mengeluarkan hormon yang disebut hormon adrenalin, yang membuat suhu tubuh kita naik dan berkeringat. Bayangkan kalau kita melewatkan sesi pemanasan sebelum berolahraga. Dengan pemanasan, gerakan tubuh kita jadi lebih maksimal saat digerakkan, kita pun jadi lebih fokus.

4. Pernapasan Lebih Stabil

   Saat berolahraga tentu denyut jantung kita tentu kan berdenyut lebih kencang dan kita membutuhkan asupan oksigen sehingga pernapasan kita jadi lancar. Nggak perlu khawatir terengah-engah berlebihan saat  berolahraga. Hanya cukup melakukan pemanasan.




   Makanya, mau sehat walaupun jarang olahraga? Kalau begitu cukup lakukan pemanasan saja. Lagi pula dampak dari pemanasan sangat baik untuk tubuh kita sendiri loh..




Sumber: Ihda.nunablogspot (dengan bbrp perubahan)


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Manfaat Pemanasan"

Posting Komentar